Peluang Usaha Jasa Service Elektronik Dari Nol Untuk Pemula

Membuka layanan jasa service elektronik dilatar belakangi karena perkembangan teknologi pada era sekarang ini sudah semakin pesat. Kita semua dihadapkan pada berbagai kemudahan-kemudahan. Baik kemudahan memenuhi kebutuhan, komunikasi, informasi, bahkan hanya sekedar mencari hiburan. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya barang elektronik yang bermunculan.

Analisis Peluang

Hampir semua orang memiliki barang elektronik di rumahnya. Berupa alat rumah tangga, alat komunikasi, media informasi, media hiburan dan lain sebagainya. Contohnya adalah handphone, telepon rumah, televisi, DVD, laptop, kulkas, rice cooker, mesin cuci, setrika dan lain sebagainya. Tidak hanya di rumah, tetapi barang elektronik juga biasa tersedia di kantor atau instansi. Contohnya adalah mesin fotocopy, komputer, printer, telepon, dan lain sebagainya.

Bagaimana ketika alat tersebut tidak bisa digunakan lagi karena rusak? Tentu ada dua kemungkinan. Kemungkinan yang pertama adalah membeli barang baru. Dan kemungkinan yang kedua adalah memperbaikinya.

Tidak semua orang berpikir apabila memiliki barang yang rusak maka akan mengganti dengan barang baru karena alasan harga yang mahal. Kadang mereka lebih memilih untuk memperbaikinya dengan alasan barang tersebut belum lama dibeli, atau kalau selagi masih bisa diperbaiki jadi belum perlu membeli baru.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam memperbaiki barang elektronik, tentu peluang usaha jasa service elektronik ini sangat cocok untuk Anda karena tidak semua orang memiliki keterampilan ini.

Macam Usaha

Dalam membuka usaha ini, Anda dapat mengkategorikan jasa Anda sediakan dengan beberapa kategori. Berikut contoh kategori ide usaha jasa service elektronik yang bisa Anda pilih:

  1. Jasa service handphone/ smartphone, tablet, iPad
  2. Jasa service laptop, notebook, komputer, printer, scanner
  3. Jasa service TV, TV LED, DVD, Radio
  4. Jasa service mesin cuci, kulkas, freezer, AC
  5. Jasa service setrika, rice cooker, kipas angin, Blender, dispenser
  6. Jasa service kamera
  7. Jasa service alat-alat musik elektrik
  8. Jasa service jam
  9. Jasa service mesin fotocopy
  10. Jasa service LCD, proyektor
  11. Jasa service flashdisk, harddisk

Anda dapat menyediakan usaha jasa service elektronik ini dengan fokus pada keterampilan mana yang Anda pilih dan kuasai. Anda juga dapat mengkombinasikan antara beberapa kategori tersebut diatas.

Modal Yang Dibutuhkan

Usaha ini merupakan usaha menjual jasa. Modal yang paling Anda utamakan adalah keahlian, keterampilan dan pelayanan. Tentu saja Anda harus terus belajar untuk mengasah keahlian Anda dan memberi pelayanan yang baik bagi pelanggan Anda.

Modal berupa uang tetap saja dibutuhkan untuk mendirikan usaha ini. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan yang diperlukan. Selain untuk peralatan, Anda juga perlu mempertimbangkan modal tempat usaha yang akan Anda dirikan. Anda akan mendirikan bangunan baru, menyewa tempat, atau menggunakan tempat tinggal milik Anda sendiri.

Keuntungan Yang Dihasilkan

Sebelum Anda menghitung keuntungan yang didapat makan Anda perlu menentukan biaya jasa service. Tidak ada patokan khusus untuk menentukan harga tersebut, Anda dapat menentukannya bergantung pada jenis barang elektroniknya dan seberapa tingkat kesulitannya.

Anda dapat menentukannya dari harga onderdil dan ongkos jasa. Jadi total biaya adalah harga onderdil ditambah dengan ongkos jasa. Ongkos jasa dipertimbangkan dari tingkat kesulitan dalam pengerjaannya.

Contoh:

Harga spare part 75.000
Ongkos jasa 35.000
Jumlah total biaya 110.000

Apabila dalam sehari mendapat pesanan 5 kali, maka dalam sebulan;

5 kali x 30 hari x Rp 35.000 = Rp 5.250.000

Di atas hanyalah contoh, Anda dapat menyesuaikan tinggi atau rendahnya harga ongkos jasa sesuai dengan pertimbangan Anda.

Sistem Kerja

  • Usaha jasa service dengan system membuka kios adalah usaha jasa service dengan cara pemilik mendirikan tempat usaha sendiri. Sistem kerja seperti ini perlu menyediakan modal untuk mendirikan atau menyewa tempat. Untuk meminimalkan modal Anda juga bisa menggunakan rumah Anda untuk membuka usaha ini. Anda hanya perlu menyiapkan plang nama agar pelanggan mudah mencarinya.
  • Usaha jasa service dengan system panggilan adalah usaha jasa service dengan cara pemilik mendatangi pelanggan untuk melakukan perbaikan di tempat pelanggan tersebut. Atau pemilik mendatangi pelanggan untuk mengambil barang yang kemudian diperbaiki oleh pemilik.

System kerja seperti ini akan sangat membantu mereka yang memiliki waktu luang sedikit. Mereka biasanya tidak sempat untuk mengantar barang yang akan diperbaiki dan juga tidak perlu repot-repot untuk mengambilnya.

  • Usaha jasa service elektronik dengan sistem keliling adalah usaha jasa service dengan cara pemilik berkeliling untuk mencari pelanggan. Anda tidak khawatir tentang modal tempat untuk membuka kios atau Anda tidak perlu khawatir rumah Anda penuh dengan barang elektronik. Tapi Anda harus menyiapkan tenaga dan mental untuk berkeliling mencari-mencari pelanggan.

Anda dapat memilih salah satu sistem kerja yang memungkinkan Anda gunakan, atau Anda bisa memadukan keduanya. Anda dapat membuka kios jasa usaha service ini lalu dengan tambahan fasilitas antar dan jemput barang elektronik yang akan di service. Anda juga dapat membuka kios lalu apabila belum ada yang mengorder maka Anda berkeliling untuk mencari pelanggan.

Strategi Promosi

Hal penting yang dilakukan dalam mendirikan usaha adalah promosi. Dengan adanya promosi berarti Anda berusaha untuk mengenalkan usaha apa yang Anda dirikan. Semakin banyak yang tahu tentang usaha Anda maka akan semakin banyak juga peluang orang memakai jasa Anda.

Ada beberapa strategi dalam mempromosikan usaha jasa service elektronik yang Anda yaitu

  • Memperluas jaringan pertemanan

Tawarkan kepada saudara, teman, tetangga, bahwa Anda mendirikan usaha jasa service elektronik. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengenalkan usaha jasa yang Anda dirikan.

Lewat teman Anda tersebut, akan dengan sendirinya mereka merekomendasikan usaha Anda kepada saudara, teman, dan tetangga mereka pula apabila ada yang membutuhkan.

  • Brosur

Anda dapat membuat brosur yang lengkap dengan alamat usaha dan nomor telepon, lalu kemudian membagikannya ke tempat-tempat yang ramai. Dengan begitu akan banyak yang tahu tentang usaha Anda. Ketika pelanggan tertarik untuk menggunakan jasa Anda, maka mereka akan dengan mudah menghubungi atau mendatangi usaha Anda.

  • Media social

Dengan adanya media sosial akan memudahkan Anda untuk menjalankan promosi. Anda bisa menawarkan usaha jasa Anda lewat instagram, whatsapp, facebook, atau yang lainnya.

Anda dapat membuat akun instagram khusus untuk usaha yang Anda dirikan ini, lalu sering-seringlah untuk memposting foto-foto usaha Anda.

Anda juga dapat melakukan promosi lewat grup-grup whatsapp yang Anda ikuti. Dengan begitu akan banyak orang yang tahu mengenai usaha Anda.

Lalu, anda juga dapat membuat akun facebook dan mempromosikan usaha Anda lewat marketplace facebook, atau memposting di grup jual beli yang ada di facebook.

  • Kerjasama

Anda dapat membuat proposal penawaran kerjasama dengan kantor atau instansi tertentu. Dengan proposal tersebut, Anda menawarkan apabila ada kerusakan barang elektronik di kantor tersebut Anda menawarkan untuk memperbaikinya dengan memberikan fasilitas tertentu.

  •  Harga special

Anda dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan Anda. Dengan memberikan harga khusus bagi pelanggan yang telah beberapa kali menggunakan jasa Anda. Anda juga bisa memberikan potongan harga apabila pelanggan membawa beberapa barang untuk diperbaiki.

Kiat-Kiat Usaha Jasa Service Peralatan Elektronik

Agar usaha dapat berjalan dengan baik, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Berikut ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan sebelum Anda memulai usaha tersebut.

  1. Pilih tempat usaha
    • Tentukan terlebih dahulu dimana Anda akan membuka usaha ini. Apabila Anda berencana untuk membuka kios, pastikan Anda memilih tempat yang strategis. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang tahu tentang usaha ini.
  2. Lakukan dengan jujur
    • Kejujuran menjadi poin utama dalam melayani pelanggan. Katakan hal yang sesuai dengan keadaannya. Apabila barang mengalami kerusakan yang ringan, katakan apa adanya tidak dilebih-lebihkan.
  3. Mengutamakan kualitas
    • Agar kepercayaan pelanggan ini tidak hilang maka perlu menjaganya dengan memberikan kualitas yang baik. Anda juga perlu untuk mengembangkan keterampilan Anda untuk menunjang kualitas yang Anda berikan.
  4. Pahami keluhan pelanggan
    • Memahami dengan baik keluhan dari pelanggan mengenai permasalahan barang yang harus diperbaiki.
  5. Tepat waktu
    • Tepati janji dalam penyelesaian sesuai dengan kesepakatan. Tentu pelanggan tidak akan dibuat kecewa karena mundurnya waktu penyelesaian. Kepercayaan pelanggan semakin bertambah.
  6. Pilih sesuai dengan keahlian
    • Tidak menerima setiap orderan, tapi sesuaikan dengan kemampuan Anda. Apabila Anda belum siap untuk menerima orderan banyak, karena nanti akan memberatkan Anda.
  7. Tim yang berkompeten
    • Pastikan orang tersebut yang memiliki kemampuan yang lebih dibidang ini.

Demikian tulisan mengenai peluang usaha jasa service elektronik ini, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.